Selasa, 22 April 2014

Buku terakhirmu apa?


Semenjak pindah ke Bandung, saya sama sekali nggak bawa novel apapun gara-gara itu kangen juga buat baca. Akhirnya setiap pulang disempetin deh buat beli buku.


Buku terakhir yang dibaca itu Cuckoo's Calling, bukunya J. K. Rowling yang pake nama samaran itu lho. Bagus! Puas banget karena buku sebelumnya (maksudnya buku karangan dia selain Harry Potter) yang Casual Vacancy itu saya bener-bener nggak suka karena terlalu banyak tokoh dan ceritanya nggak fokus. Sedangkan yang ini udah lebih rapi, jadi lebih enak dibaca.

Terus Bumi Manusia karangan Pramoedya Ananta Toer. Gaya banget kan baca beginian, karena nggak sengaja nemu di peminjaman buku deket kosan. Bagus kok, serius. Cuma saya agak-agak bingung sama penyampaiannya yang pake gaya bahasa dulu jadi kadang bacanya harus ngulang terus. Bingung juga agak ngegantung, dikasih tau sama mas-mas yang satu kereta sama saya (dia lagi baca itu soalnya) ternyata novel ini tetralogi, dan saya belum nemu lagi lanjutannya. Penasarannn.

Trilogi novel pertamanya Fira Basuki. Pintu, Jendela, Atap. Beli ini nggak sengaja di Palasari, padahal niatnya cuma mau beli buku Stukepnya Alwisol doang hahaha. Agak kaget sama gaya bahasanya yang 'ceplas-ceplos', apalagi karena sebelumnya baca novel terjemahan dan bahasa gaya lama. Pas saya baca reviewnya, katanya 'Pintu' termasuk novel dengan review bagus. Tapi saya pribadi lebih suka 'Jendela'. Buku yang ketiga belum sempet dibaca. A-s-a-p.

Dunia Mara-nya Sitta Karina. Ada yang tau 'Lukisan Hujan'? Itu buku pertamanya Sitta Karina yang bikin saya addict banget sama keluarga Hanafiah. Tapi makin kesini, cerita Hanafiah lebih main di dunia sosialita sama hal-hal kayak mafia dan semacamnya yang menurut saya agak rada gimana gitu. Biar ada yang beda kali ya, tapi tetep menurut saya yang paling oke diantara semua seri Hanafiah itu 'Lukisan Hujan'.

Saia, kumpulan cerpennya Djenar Maesa Ayu. Ya ampun. Keren banget! Indah banget bahasanya, sumpah. Setiap kalimatnya punya rima yang sama, lepas dari tema ceritanya yang berani dan gak jauh-jauh dari nama Nayla. Bagus, bagus banget.

Supernova! Bukunya Dee ini baru saya baca yang pertamanya aja. Sisanya masih ngantri, sekarang lagi baca yang 'Akar'. Imajinasi yang luarbiasa keren. Asli deh. 

Kalau kamu, buku terakhir apa yang kamu baca? :)