Rabu, 06 Januari 2016

Curhat sekejap.

Halo, selamat tahun baru 2016 semuanya!

Selamat bikin resolusi baru, selamat juga yang resolusi tahun 2015 kecapai semua. Saya? Gak usah ditanya hehe. Vakansi tahun 2015 isinya dikit banget, cuma sejumlah bulan dalam setahun plus satu. Nggak produktif, produktifnya lagi ke yang lain *gaya*.

Postingan ini cuma intermezzo aja sih, sekalian curhat.

Saya sempet review Vakansi ini dari jaman pertama kali post sampai sekarang. Dan yang kegambar buat saya dari blog ini adalah: Ini isinya galau semua. Udah mah pemilihan katanya yang gitu, ceritanya yang gitu, buat kalian yang baca, gitu juga nggak?

Sesungguhnya ya, saya nggak segalau itu kok orangnya. Well, iya sih beberapa hal disini emang bertemakan masalah yang sama, yang gak bisa saya ceritain secara gamblang. Makanya dibuat dengan kata-kata yang show not tell. Tapi beberapa jatohnya kayak orang galauin cowok, padahal galauin yang lain. Mana berulang-ulang ya, yaudah makin jadi. Gak apa-apa lah ya, emang disini kan jadi 'tempat sampah'-nya saya.

Galauin apa emang? Ada deh. Sesuatu yang akhirnya bisa saya ceritain pas jadi OP-nya praktikum Konseling. Hehehe. Lumayan, curhat gretong sama calon Psikolog. Tapi gak puas sih, pengen cerita yang lain, tapi kasian yang ngetesnya. Aslinya sih tetehnya nanya, "Ada yang mau diceritain lagi nggak?", tapi dalem hati mah pasti pengennya "Udah, udahan aja...". Sedih juga kan verbatim rekaman satu jam lebih. Been there before.

Daripada galau-galauan, mending flashback dikit yuk. 2015 kemarin ada apa aja ya? Masih muter di urusan kuliah aja kayaknya. Ngomong-ngomong soal kuliah, agak serem liat kakak kelas yang tingkat 4 (yang dikampus dan yang dikosan). Kayaknya pusing banget gitu ya. Ini aja yang baru semester lima, udah misuh-misuh nggak jelas gara-gara nyari OP anak nggak nemu-nemu. Udah banyak ngeluh sama jenuh, padahal belum apa-apa deh dibandingin mereka. Padahal semester ini jadwalnya sebenernya asik sih. Sore jam 3-an kadang udah nangkring dikosan. Banyak gabutnya, tapi banyak pusingnya juga. Masih sempet pulang ke Cirebon, nggak sejarang semester sebelumnya. Bau-baunya sih semester depan nggak seoke ini.

Praktikumnya juga seru. Cuma nggak asiknya, ya nyari OP-nya itu. Soalnya kebanyakan tesnya buat anak kecil (dari yang SD kelas 6 sampe anak TK). Susah sob nyari anak. Susahnya? Ijin ke sekolahnya kadang ribet. Kalo anak kecil harus pendekatan dulu biar pas dites anaknya nyaman dan, amit-amitnya, gak mogok. Ya kali, pendekatan ke orang gede aja susah apalagi ke anak kecil... hmm. Masalahnya, anak kecil itu bener-bener unpredictable lho. Ya pas ngetes dia main petak umpet, nongol-nongol di kolong meja, tiba-tiba turun dari kursi terus ngeliatin alat tes yang udah kayak kotak mainan, tiba-tiba minta jajanlah... banyak! Harus banyak akal biar anaknya mau tetep ngikutin tes dan nggak bosen. Susyah itu sodara-sodara. Tapi rame sih, lucu kadang, ngeselin juga. 

Menuju ambil data praktikum terakhir. Bukannya baca materi malah ngegambar di sampul buku manualnya.

Apalagi kalo dapet pembimbing yang pas feedback laporan sekalian interpretasi dikit-dikit. Seruuu! Juga makin berat pundak awak sebagai calon ibu. Karena anak-anak bermasalah tumbuh dari lingkungan keluarga yang tidak sesuai. Dan dari laporan yang waktu itu diperiksa, kesemuanya punya masalah sama... ibu. Kan serem. Kita tau teorinya, tau yang benernya gimana, tapi kadang prakteknya kan beda. Semoga anak saya ntar gak sampai kayak gitu... amin.

Selain hiruk-pikuk kuliah, saya masih ikut-ikutan volunteer dan yang terakhir ini saya lagi ikutan macem Jurnalistik kayak SMA gitu, tapi sekarang yang wadahinnya Museum Asia Afrika. Sampai saat ini sih masih materi-materi soalnya baru jalan sekitar sebulan lebihan. Coba kita liat ntar ya ada apaan lagi.

Oh ya, tahun ini saya resmi pake kacamata lagi. Mata mulai burem-burem, ternyata si minus dan silindris yang udah bertahun-tahun lalu divonis nggak ada jadi muncul lagi. Nggak besar sih syukurnya, cuma ya gitu rada burem-burem jadi kurang enak kalo liat papan tulis yang tulisannya mini-mini. Dan semua orang pun nanya, aneh liat saya, terus nyobain kacamatanya, hahaha. Belum biasa katanya. Lagipula gak saya pake terus-terusan sih, situasional karena masih keliatan-keliatan aja kalo cuma buat diajak jalan. Yah.. well, welcome back, glasses!

Terus, saya juga lagi keranjingan band indie, namanya Barasuara! Pertama kali liat di Symphonesia, yang awalnya mau nonton karena ada WSATCC-nya. Sesungguhnya, kalo kamu nonton band secara live itu emang lebih keren dan bisa bikin suka. Hasilnya tahun kemarin saya nonton mereka dua kali di Symphonesia sama Lookfest. Sabtu nanti juga saya mau nonton mereka lagi. Baru lho saya suka banget sama band sampe ngikutin jadwal manggung mereka di Bandung, bahkan di TV sekalipun. Bahkan ke White Shoes aja nggak segininya. Nggak tau kenapa tiap mau nonton WSATCC selalu gak jodoh. Nggak jadi lah, tiba-tiba ada apa lah, bentrok lah, di php-in temen lah, macem-macem. Kalo Barasuara selalu bisa, soalnya ada temen fangirling-nya, hahaha! Parah saya kalo udah ketemu Uti. Udah kayak fangirl-nya Korea gitu kalo udah ngomongin Barasuara dan Marco Steffianonya! Udah. Kalap kalo udah ngomongin drummernya itu.

Barasuara di Symphonesia 2015. Tapi Marconya ketutupan....

Hmmm... what's more on 2015? Banyak sih, banyak. Gak mungkin saya ceritain semuanya juga. Tahun yang nggak kerasa sama sekali. Tahun campur-aduk. Kalo dinilai banyak sedih atau senengnya, ya sama sih. Ada momen yang bikin saya jejingkrakan parah di tahun ini. Ada juga yang bikin saya nangis sesenggukan. Paket lengkap, tapi sayangnya, kurang spesial.

Semoga di tahun 2016 paketnya lebih ciamik,
see you soon!