Rabu, 29 Desember 2010

DAMN I LOVE INDONESIA!


Sekitar 3 jam yang lalu, Final Piala AFF 2010 berlangsung di stadion Gelora Bung Karno. Timnya? Timnas Indonesia versus Malaysia. Bisa dibilang ini pertandingan gengsi antara keduanya. Bisa dibilang juga musuh bebuyutan. Bahasa gelinya, Unyil versus Upin Ipin.

Belum pernah deh saya ngerasain euphoria bola yang segini gilanya kecuali pas Piala Dunia. Sepakbola Indonesia bisa dibilang lesu prestasi, dan kemunculan mereka di final piala AFF ini menjadi angin segar buat para masyarakat Indonesia, khususnya memang yang gila bola.

Tapi kok rasanya ada yang janggal ya.

Headline dimana-mana semuaaaaanya membahas soal timnas. Dari berita sampai acara gosip. Dimana-mana bola. Pertama, rasanya senang. Lama-lama kok rasanya lebay ya?

Harus saya akui sih, permainan timnas Indonesia bagus. Apalagi saat di semifinal lawan Filipina. Wuih, jempol! Sampai sebelum berangkat ke Malaysia, para pemain seakan jadi selebriti mendadak: punya banyak jadwal penting. Mulai dari wawancara, makan malam sampai istigoshah.

Well.... ini agak berlebihan.

Minggu, 26 Desember 2010 menjadi pukulan cukup telak buat para suporter gila timnas. Indonesia kalah telak 3-0 dari Malaysia. Nyesek abis. Permainan luarbiasa jauh dari penampilan terakhir mereka. Jelek sekali. Apalagi dengan adanya laser yang dijadikan alasan menjadi salah satu penghancur konsentrasi mereka.

Kata si pelatih Austria yang mukanya galak itu: Selain adanya laser, adanya hal-hal non-teknis yang menjadi pemicu kurang maksimalnya permainan timnas hari itu. Wow. Pelatihnya aja risih dengan hal itu.

Sesudah kekalahan telak itu, media jadi berputar balik mengkritik timnas habis-habisan. Padahal sebelumnya dipuji terus-terusan. Nah loh? Ini lucunya media, mereka kadang mengomentari sesuatu bukan karena sudut pandang tertentu, tapi apa yang dikatakan pasar.

Kasian dong abang-abang timnasnya. Walaupun emang ya, salah sih.

Setelah pertandingan itu juga sempet terjadi ejek-ejekan antar kedua negara di Twitter. Malu-maluin abis. Sampe jadi trending topic pula. Ya... oke emosi. Tapi ya masa sih cuman gara-gara masalah bola doang sampe bawa-bawa negara? Get a life!

Dan hari ini menjadi pembuktian timnas Indonesia bahwa mereka..... masih belum kalah. 90 menit bermain di GBK diiringi supoter Indonesia yang bejibun jumlahnya (yang udah rela ngantri dan rebutan tiket buat liat final....), Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 2-1.

Tapi ternyata belum cukup untuk menjadi pemenang.

Ya seenggaknya nggak kalah telak deh. Europhianya bener bener kerasa. Dan inilah yang bikin ngerasa.... wah. Ngerasa bareng. Satu.

Well, proud of you timnas Indonesia. Terimakasih sudah memberikan udara segar untuk para masyarakat Indonesia. Yah, mau segimana jeleknya Indonesia, tetep cinta hahaha. DAMN I LOVE INDONESIA!