Kamis, 12 November 2015

Bukan review film!

Hai!

Baru lagi buka blog, dan ya ampun makin tahun makin sedikit ya postingannya, makin sedih karena tahu 2015 tinggal dua bulan kurang lagi.. artinya saya makin nggak produktif menulis. Heu.

Harusnya sekarang saya belajar, karena lagi UTS, dan besok materinya pun lumayan. Tapi malem ini saya malah nonton, dan gatel buat diposting disini. Judul filmnya Eternal Sunshine of the Spotless Mind, keluar tahun 2004, yang it means, keluar pas saya baru kelas 4 SD. Pemainnya utamanya Jim Carrey sama Kate Winslet, dan saya sama sekali nggak kebayang Jim Carrey yang komedi-banget-itu-lho main film berbau drama dan, eh, ceweknya yang main Titanic kan?


taken from here

Well, I'm not gonna tell you the whole story, tapi bakal spoiler banget di akhir. Soalnya maksud saya bikin postingan ini bukan karena filmnya sih, tapi karena 'sesuatu' di endingnya.

Inti ceritanya sih, ada sepasang kekasih gitu yang punya masalah dan putus, dan mereka saling menghapus kenangan masing-masing disebuah tempat yang punya 'jasa hapus kenangan'. Pertama kali saya nonton, saya selalu ngantuk dan akhirnya nggak ngelanjutin nonton film ini. Tapi reviewnya bagus banget, ampe 8.4 di IMDB. Daaan, akhirnya saya selesein juga hari ini.

Setelah saya tonton? SUKA. Dari review yang saya baca sih, orang-orang suka bandingin film ini sama (500) Days of Summer, well.. saya lebih suka Summer sih, tapi ini juga bagus kok. Ya agak setipe, cerita orang mau move on. Tapi keseluruhan ceritanya beda banget dan film drama ini sedikit berbau sci-fi.

ini nih adegan yang bikin bingung (taken from here)

Tapi, jujur setelah beres nonton film ini saya bingung. Nggak ngerti. Ternyata tetep aja harus mikir nontonnya. Karena ada satu hal yang bikin saya bingung. Pokoknya ada adegan awal lagi di bagian akhir film, tapi di adegan itu ada rekaman suara yang isinya hapusan memorinya Joel sama Clem, yang sebelumnya nggak ada di awal film. Loh ini kan adegan awal tadi, kok ada rekamannya? Bukannya tadi udah dihapus? Bukannya harusnya kalo ini adegan awal rekamannya nggak ada? Pokoknya gak ngerti aja.

Pas masih ngerutin dahi karena bingung, terus muncul ini.




Yang bikin subtitlenya ngasih tau endingnya dong!! Ih sumpah. Siapa sih yang bikin hahahaha, terus karena 'footnote' ini saya jadi muter balik ke beberapa adegan sebelumnya dan ngeh kalo ada kejadian yang berulang. Dan adegan awal yang tadi saya bilang itu ternyata memang memori baru lagi setelah mereka baru ngehapus kenangan.

Asli, seneng lho. Baik banget sih yang bikin. Padahal pas mulai akhir-akhir film rada bete karena timingnya rada nggak pas sama video yang saya punya. Mungkin dia ngerasain kali ya beberapa orang bakal nggak ngerti sama jalan ceritanya sampe akhirnya dia bikin beginian. Menarik buat saya, karena baru pertama kali saya nemuin subtitle kayak gini. Keren pak!

Selepas kesenangan saya karena subtitlenya, saya suka cerita dari film ini. Perlu diliat juga kalo Jim Carreynya keren, sumpah. Pas liat Kate Winslet rambutnya oranye, malah ngingetin saya sama Hayley Williams sebenernya haha tapi emang cantik banget dan aktingnya emang bagus. Kurang suka pas bagian-bagian 'penghapusan-memori' soalnya kaya si Joelnya disenterin lampu doang gitu, malah mikir dia kesilauan nggak ya haha.

Filmnya menye-menye gak? Nggak kok. Tapi saya masih sempet nangis dikit sih pas akhir-akhir. Pesannya juga bagus kok, ya intinya sih kalo udah tau kekurangan pasangan masing-masing ya you should live with it if you really want to commit, bukannya kabur dan ngulangin hal yang sama. Quotenya juga mayan, 'you can erase someone from your mind, getting them out of your heart is another story'. Duh, lalu baper... heuheu, nggak deng. Favorite scene? Scene terakhir banget. 'Okay-okay'-nya lebih sweet daripada punyanya The Fault in Our Stars haha. Tonton aja deh, bagus kok.

Ya pokoknya bahagia itu sederhana ya. Soalnya ini beda banget sama pas lagi nonton macem Memento, ampe harus googling reviewnya baru bener-bener ngeh sama filmnya. Ini sih langsung dikasih sama yang nge-sub. Pokoknya seneng, makasih banget ya buat yang nge-sub :) :) :)