Senin, 11 Oktober 2010

"Renungan"

Tadi siang Sendy nanya, "Tujuan kamu sekolah buat apa?"

Yang terlintas di kepala sih, "Nunggu bel istirahat sama bel pulang". Tapi dipikir-pikir jawabannya koplak banget ya. Dan ternyata jadi kepikiran juga, tujuan saya sekolah apa?

Yah kalo misalnya lagi alim jawabnya pasti, "Biar pinter". Emang jaman sekarang pinter masih dipake? Emang lah jadi orang kalo bisa enggak goblok-goblok amat biar ga ditipuin orang, tapi... rasanya gimana gitu.

Orang yang punya gelar aja nyari kerjanya naujubilah susah, banyak saingan. Jadi tujuan kita sekolah buat apa? Nyari kerja? Mungkin iya juga. Kata Raditya Dika mah, sekolah bagus, dapet kerja bagus, jodohnya juga bagus, hehe.

Tapi terkadang yang jadi 'goal' kita kedepannya itu sendiri bukan bener-bener sesuatu apa yang kita pengen capai. Malah jadinya jurusan yang kita pilih itu karena alasan orangtua. Agak jadi beban emang. Taruhannya harapan orang tua cing!

Hm, jujur. Kenapa sih sistem sekolah itu sendiri gak dibuat berdasarkan kemampuan dari anak itu sendiri?

Jujur ya.... pengalaman pribadi. Saya sendiri lemah di MIPA, sedangkan sekolah nuntut saya supaya pinter dibidang tersebut. Karena acuan pinter menurut sekolah itu sendiri 'nilai bagus diatas kertas', sedangkan yang kita hadapin nantinya bener-bener jauh dari teori yang diajarkan sama sekolah.

Orangtua saya sendiri nyuruh saya buat masuk jurusan IPA pas kelas XI nanti, yah saya agak pesimis sih. Namanya juga manusia. Ngerasa berat sama kemampuan. Apa masalahnya sih sama kelas IPS atau Bahasa? Enggak ada bedanya. Yah, mau gak mau SPMB juga bilang IPA lebih punya kesempatan yang lebih baik dibanding jurusan lain.

Pinter sendiri itu apa?

Jujur saya ngerasa nggak pinter. Tapi saya tahu apa yang saya suka, yang mungkin bisa jadi potensi saya. Karena pada dasarnya melakukan hal yang kita suka itu lebih menyenangkan, kan? Saya gak suka matematika, karena itu saya gak bisa. Karena saya mikir, nanti kalau saya udah besar saya gak butuh ngitung-ngitung logaritma buat ngegambar. Karena saya pengen fokus dibidang gambar/desain sama sastra.

Sekarang.... tujuan saya sekolah apa? Gengsi karena temen-temen pada ngelanjutin sekolah? Yah pengennya sih supaya jadi jalan saya buat menuju apa yang bener-bener saya pengen. Tapi buat milihnya, emang masih bingung.

Tapi sekarang saya udah tahu apa yang saya pengenin.

Tujuan saya sekolah? Biar bisa kuliah di Desain Grafis/Desain Interior atau Jurnalistik di universitas negeri. Kerja layak, sesuai sama jurusan yang saya pilih. Amin.